• Hari ini

    March 2011
    M T W T F S S
    « Jan    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Salam

    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Selamat Datang.
    Blog ini merupakan media berbagi ilmu dan informasi terutama berkaitan dengan kajian hukum Islam dan ilmu falak. Pengelola mengundang peminat dan penggiat ilmu ini untuk mendiskusikan berbagai hal. Untuk itu besar harapan pengelola pada pengunjung adanya kritikan, saran dan masukan. Terimakasih atas kunjungannya.
    Wassalam dari Bakhtiar, M.Ag

  • Kategori Tulisan

  • Arsip

Umat Kehilangan Sosok Ulama, Perlu Inovasi Dalam Berdakwah

Padang (MOL) — “Inovasi dalam berdakwah dipandang penting sesuai dengan perkembangan zaman sehingga dakwah tidak monoton dan lebih dekat dengan umat,” ucap Bakhtiar, Wakil Sekretaris PW. Muhammadiyah Sumbar ketika diwawancarai Minangkabauonline di Kantor PW. Muhammadiyah Selasa, (28/3). Menurutnya, Ulama sekarang dituntut tidak hanya mengusai ilmu pengetahuan agama semata tetapi juga mampu menguasai teknologi, tidak hanya bisa ceramah mesjid ke mesjid juga biasa manfaatkan media dan teknologi untuk bisa berkomunikasi dengan umat agar umat tercerahkan.

Ia mengatakan, dulunya ulama hanya satu-satunya sumber informasi, sekarang sudah banyak pilihan seperti psikiater, media dan konsultan, ulama hanya mendapat tempat di mesjid saja, jumlah yang berada di mesjid bisa dihitung dengan jari itupun tidak banyak yang mendengarkan makanya perlu kemasan dalam berdakwah. “Metode dakwah yang setiap saat perlu diperbaharui sesuai perkembangan zaman. Ulama dituntut tidak hanya punya kapasitas dan integritas ilmu pengetahuan agama saja tetapi bisa berinteraksi lewat media dan teknologi,” ujarnya.

Katanya, ulama seperti Buya Hamka, H. Agus Salim dan Syekh Burhanuddin memang saat sekarang sudah tidak ada lagi karena zaman sudah berobah karena teknologi dan informasi sudah merajai, Umat lebih condong pada teknologi dan media semata, ulamapun ditinggalkan. Memang iya, metode dakwah harus dikemas sehingga tefektif dan epat sasaran. ulama harus mengambil peran memanfaatkan teknologi dan media, “Perlu sosok ulama yang punya kapasitas dan integritas serta mampu menjawab tantangan zaman” tambahnya. (rahmat) (sumber: http://www.minangkabauonline.com/berita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: